Friday, September 7, 2012

SEJARAH DAN VISI MISI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR (UNM)


SEJARAH SINGKAT
Universitas negeri Makassar tidak dapat dilepaskan dari sejarah berdirinya IKIP Ujung Pandang Sebagai Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan (LPTK). 
Semula IKIP Ujung Pandang sebagai fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) dari Universitas Hasanuddin Makassar, yaitu berdasarkan  SK  Menteri  Perguruan  Tinggi dan  Ilmu  Pengetahuan  (PTIP)  1 Agustus  1961 s.d  31  Agustus  1964, berdasarkan SK  Menteri  PTIP  No. 30  Tahun  1964  Tanggal  1  agustus  1961. 

September 1964 s.d. Januari 1965 berstatus IKIP Yogyakarta cabang Makassar, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 154 Tahun 1965 Tanggal 1 September 1965. Pada tanggal 5 Januari s.d. 3 Agustus 1999, berstatus mandiri dengan nama IKIP Makassar, berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 272 Tahun 1965 tanggal 5 Januari 1965. Pada fase ini, sejak 1 April 1972, IKIP Makassar berrubah menjadi IKIP Ujungpandang dengan mengikuti perubahan nama Kotamadya Makassar menjadi Kotamadya Ujungpandang. Kemudian tanggal 4 Agustus 1999 sampai sekarang berstatus Universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999. 


VISI DAN MISI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Visi UNM
Sebagai pusat pendidikan, pengkajian, dan pengembangan ilmu pendidikan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan yang unggul untuk menghasilkan lulusan profesional sebagai insan kamil (insan paripurna).
Misi UNM
·         Menyiapkan SDM yang profesional dibidang pendidikan dan non-pendidikan.
·         Memberikan layanan pendidikan yang prima kepada masyarakat luas dalam peningkatan kualitas hidup pribadi, masyarakat, bangsa dan negara.
·         Peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan memperhatikan relevansinya dengan kebutuhan masyarakat.
·      Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua warga negara dalam memperoleh pendidikan berkualitas dengan memperhatikan keragaman latar belakang sosial budaya ekonomi, geografi dan sebagainya.
·        Mengembangkan  UNM sebagai teaching and research university menuju world class university.
 Tujuan UNM
·     Menghasilkan lulusan tenaga kependidikan dan non-kependidikan profesional yang dapat diterima sebagai warga masyarakat yang memiliki budi pekerti luhur.
·        Menjadi universitas yang mandiri dan bertata kelola baik, Good University Governance  yan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
·         Menghasilkan produk IPTEKS berwawasan kewirausahaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai religius.
·   Memiliki jejaring kerjasama profesional dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan pemerintah (pusat dan daerah), BUMN, dan institusi lembaga-badan-lain, baik nasional maupun internasional untuk kemaslahatan umat manusia.
·        Peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan dengan atmosfir akademik yang sehat sehingga tumbuh dan berkembang kemampuan intelektual, emosional, sosial dan religius.

No comments:

Post a Comment

TUGAS 5. KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN PERTANIAN

Tugas Kebijakan dan Perencanaan Pembangunan Pertanian untuk Mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia (UM...